Powered by Blogger.
RSS

Cara Pengisian Lembar Kerja Terapi II [Newest OCD Post III]

II. Pengisian Lembar Kerja Kedua

lembar kerja 2

Berdasarkan pengalaman saya, lembar kerja kedua ini fungsinya untuk membantu kita meningkatkan kepercayaan terhadap diri sendiri dan apa yang kita lakukan. Caranya dengan mengumpulkan bukti-bukti pendukung untuk menepis keraguan yang tidak perlu. Berikut adalah contohnya berdasarkan kasus yang saya alami dimana OCD menghambat saya dalam menyelesaikan tugas akhir saya. 

Positive Data Log

1) Keyakinan Mengenai Diri: Saya takut berbuat salah dalam penelitian dan takut harus mengulanginya. Saya sering merasa ragu terhadap hasil penelitian saya.

     Tingkat kepercayaan: 50%

2) Keyakinan Alternatif: Namun, di sisi lain saya merasa telah berusaha semaksimal mungkin dalam melaksanakan penelitian saya.

      Tingkat kepercayaan: 50%

3) Bukti-bukti untuk mendukung keyakinan baru dan melemahkan keyakinan lama:
     1. Saya merasa telah mengerjakan penelitian saya sesuai metode yang ada pada proposal  penelitian saya.

   2. Saya harus mengerjakan 30 sampel dalam penelitiannya. Yang hasilnya harus baik minimal adalah 75%-nya yaitu 23 sampel dan saya sudah mengerjakan sampel sebanyak itu (23 sampel) dengan semaksimal mungkin.

   3. Saya telah memeriksa sebagian kecil sampel yang telah saya buat dan hasilnya baik, padahal semula saya takut hasilnya kurang baik.

4) Tingkat kepercayaan setelah meninjau bukti-bukti:

   -Tingkat kepercayaan kepada keyakinan lama: 30% (menurun 20% dari keyakinan semula)
       -Tingkat kepercayaan kepada keyakinan baru: 70% (meningkat sebanyak 20% dari keyakinan semula)

*Penjelasan:

-Keyakinan mengenai diri merupakan keadaan keyakinan kita pada saat ini (biasanya berupa keraguan yang melemahkan) dan keyakinan alternatif adalah lawan dari keyakinan pertama. Pada lembar kerja ini kita diminta menuliskan kedua macam keyakinan yang ada di dalam diri kita tersebut dan memperkirakan persentasi-nya sesuai porsinya masing-masing di dalam diri kita saat ini.

-Kemudian kita diminta menuliskan bukti-bukti yang dapat melemahkan keyakinan pertama dan menguatkan keyakinan alternatif.

-Pada langkah terakhir kita diminta menuliskan persentase masing-masing keyakinan tersebut setelah meninjau bukti-bukti yang ada. Keyakinan alternatif akan meningkat dengan dasar bukti-bukti yang telah kita tuliskan.

-Hal ini akan membantu kita untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menepis keraguan yang mengganggu dengan cara berpegang pada bukti-bukti yang ada.

Sekian postingan mengenai cara pengisian lembar kerja kedua.
-Untuk sharing cara pengisian lembar kerja pertama, klik di sini.
-Untuk kembali ke postingan mengenai sharing pengalaman mengikuti konseling klik di sini.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Andi_STsetia said...

boleh juga nih....
makasih yaaa...

abc said...

terima kasih sudah berkunjung :)

nando said...

maksih udah post caranya. akan saya coba

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda mengenai postingan ini, terima kasih :)

Silakan mengisi buku tamu :)