Powered by Blogger.
RSS

Hobi Baru Setor Foto di Instagram^^


Belakangan ini saya punya hobi baru, yaitu setor foto di instagram. Bisa dibilang ini gara-gara kakak saya yang ketagihan duluan. Jadi ada banyak akun di instagram yang setiap hari memberikan tema foto tertentu untuk hari itu. Kemudian para follower-nya pun beramai-ramai -istilahnya menyetor- foto pada akun tersebut. Buah akhirnya jika foto kita dinilai bagus maka akan di-grid, atau di-collage/digabung dengan foto-foto pemenang lain lalu direpost ulang oleh si pemilik akun sehingga seluruh follower bisa melihatnya.


Tidak ada nominal yang dihasilkan dari kegiatan ini, kecuali mungkin saja kita mendapat gift jika menang. Itu pun apabila kebetulan ada sponsor yang turut serta (biasanya online shop). Namun mengapa kegiatan ini bisa bikin ketagihan? Hehe di sini akan saya jabarkan alasannya.

Pertama, apresiasi. Ya, apresiasi yang diberikan oleh follower lain baik dalam bentuk like atau komentar. Hal ini merupakan kepuasan tersendiri. Saya merasakan pada saat baru mulai ikut teknik foto saya sangat sederhana sekali (waktu itu masih asal ikut :D), namun tetap di-like oleh banyak follower lain. Yah lepas dari mereka nge-like bukan karena foto saya bagus namun karena kebersamaan (karena sama-sama mengikuti) atau karena juga berharap di-like. Hal itu bagi saya sah-sah saja, sebab kami ibarat murid-murid dalam satu kelas yang saling mendukung satu sama lain.

Dukungan yang lebih berkualitas lagi diberikan dengan komentar, baik itu berupa pujian, kritikan, saran, atau apapun yang membangun. Jadi, pada akhirnya kita di-grid atau tidak itu menjadi urusan kesekian. Walaupun kita tetap harus berpikir untuk di-grid agar termotivasi untuk membuat foto yang lebih bagus lagi.

Kedua, ilmu. Ya dari foto-foto peserta lain kita bisa belajar bagaimana membuat foto-foto yang bagus. Mempelajari tekniknya tentu, bukan mencontek idenya. Sebab membuat karya foto yang original dan unik adalah merupakan kepuasan tersendiri. Peserta-peserta yang lebih senior pun tak enggan berbagi ilmu jika kita bertanya bagaimana teknik membuat foto sebaik mereka. Ilmu semakin dibagi memang akan semakin berkah dan bertambah. Begitulah kelebihan ilmu :).

Ketiga, teman. Jujur sejak aktif mengikuti setor foto di instagram teman-teman saya menjadi bertambah. Bahkan teman-teman yang satu kota dengan saya yang sebelumnya tak saya kenal. Kebersamaan di forum setor foto instagram pun banyak yang berlanjut di dunia nyata karena banyak komunitas yang terbentuk dari forum-forum ini. Mereka mengadakan gathering sehingga dapat semakin saling mengenal dan bersilaturahmi.

Keempat, mengurangi kebiasaan narsis. Sebelum mengikuti kegiatan ini instagram saya dipenuhi foto-foto narsis muka saya dan kegiatan2 saya bersama teman-teman. Kalau dipikir-pikir lagi siapa sih saya dan apa pentingnya bagi orang mengetahui kegiatan saya? artis juga bukan wkwkwkwkwk XD. Jadi sejak mengikuti kegiatan setor foto di instagram alhasil foto-foto narsis dan gak penting saya pun berkurang. Tergantikan oleh foto-foto saya yang walaupun gak bagus-bagus amat namun jadi saksi ikhtiar saya untuk belajar. Selain itu mengisi instagram dengan foto-foto yang berkualitas akan meningkatkan preferensi orang untuk mengikuti akun kita.

Demikianlah beberapa manfaat yang dapat saya tuliskan sebagai newbie yang masih hijau dalam dunia ini. Saya juga masih foto-foto menggunakan kamera hp karena belum ada rezeki beli yg DSLR heheee :D. Tapi saya bersyukur karena kualitas kamera hp saya cukup baik dan kadang suka disangka makroan atau pakai kamera DSLR, hihi. Jadi bagi yang mau beli hp bolehlah saya sarankan xiaomi redmi note ini untuk kalian^^ Walaupun begitu rencana kedepannya saya ingin memberi lensa makro tambahan untuk hp saya ini, bahkan kalau ada rezeki lebih lagi ya kepingin beli kamera DSLR.

Sampai jumpa di postingan berikutnya^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Delyanet Karmoni said...

Ooo, jadi ini penyebabnye Varla menghilang dari dunia per-blog-an? :D

Memang komunitas tu sangat membantu, Var. Kebetulan karne Kakak ikut komunitas blogger, jadi semangat ngeblognye. Varla ikutan komunitas foto jd semangat fotografi. :) Itu kekuatan komunitas... Apapun hobi Varla, semangat yaa! Tapi jangan lupa ngeblog.. Bagi-bagi info. Kayak gini kan, selain jadi tau ttg kegiatan menarik di instagram, teman-teman Varla jadi tau kemane jak Varla menghilang selama ini dari blog... hahaha :D

Pa'kal belum punye akun instagram, klo ndak boleh tu gabung. Kakak juga tertarik fotografi ni... Makasih infonye yeeea

Varla Dhewy said...

krn skripsi kak bukan krn instagram,, hihihi :D :P

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda mengenai postingan ini, terima kasih :)

Silakan mengisi buku tamu :)