Powered by Blogger.
RSS

Terapi OCD dengan Menulis


Menulis merupakan salah satu hal bentuk terapi yang dapat dilakukan oleh penderita OCD. Pada waktu konseling, saya juga diminta untuk menulis apa yang saya rasakan setiap harinya. Penderita OCD dapat mengalami depresi dikarenakan beban berat yang menumpuk di dalam hati dan pikirannya. Terkadang ia merasa segan untuk menyampaikannya pada orang lain yang dianggapnya normal karena malu atau takut dianggap aneh. 

Stress yang menumpuk pada batin seseorang bukanlah hal yang baik, sekalipun jika terjadi pada orang normal. Pada penderita OCD, beban yang ditanggung terasa lebih berat. Oleh karena itu pada saat kapasitas batinnya sudah tidak mampu menahan beban yang ada, ia akan meledak dan menimbulkan perilaku-perilaku yang tidak diinginkan. Hal inilah yang harus dicegah agar jangan sampai terjadi.

Menulis merupakan salah satu langkah pencegahan yang dapat dilakukan oleh penderita OCD, sekalipun ia kurang pandai dalam menulis. Tulisan itu tidak harus bagus, panjang atau pendek juga tidak menjadi masalah. Hal yang terpenting adalah beban yang dirasakan tertumpahkan dalam tulisan tersebut. 

Jangan biarkan beban menumpuk dalam batin Anda. Keluarkan beban itu sedikit demi sedikit setiap harinya, sehingga batin Anda menjadi lebih ringan dan sehat.

Ungkapkan segala rasa marah, ragu, takut, was-was, cemas, atau apapun yang mengganggu hati dan pikiran Anda pada hari itu. Jangan biarkan semua perasaan itu menumpuk dalam batin Anda.

Anda dapat menambahkan motivasi bagi diri Anda sendiri ke dalam tulisan tersebut. Hal itu akan memperkuat keyakinan Anda.

Tidak perlu membeli jurnal atau agenda yang besar dan tebal untuk tulisan Anda. Buku notes ukuran mini pun dapat Anda gunakan. Dengan ukurannya yang kecil Anda mudah membawanya kemana saja dan menulis kapan pun Anda ingin. 

Jika Anda malas menulis dan lebih suka mengetik, sekarang telah tersedia aplikasi diary yang dapat disimpan di laptop Anda, misalnya iDailyDiary (baca postingan mengenai iDailyDiary, klik di sini). Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Memo yang ada di dalam gadget Anda. Intinya banyak fasilitas yang dapat memudahkan Anda untuk menulis. 

Tidak perlu menulis bagus, tidak perlu terlalu panjang, tidak perlu memakan banyak waktu, yang penting tulisan itu dapat mengekspresikan apa yang Anda rasakan.

Tunggu apa lagi? Ayo mulai menulis secara teratur setiap harinya.^^


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda mengenai postingan ini, terima kasih :)

Silakan mengisi buku tamu :)