Powered by Blogger.
RSS

Be Honest to Yourself

ilustrasi foto dari goodfon.com
Jujur itu -sebagaimana banyak telah diketahui- penting. Jujur adalah sebuah prinsip yang nggak semua orang bisa miliki. Berbanggalah jika kita menjadikan kejujuran sebagai salah satu prinsip hidup.


Jujur, bukan hanya mengatakan hal yang benar jika ditanya. Makna jujur lebih luas daripada itu.

Jujur, bukan hanya ketika kita bicara pada orang lain, kepada diri sendiri kita pun perlu jujur.

"Jujur kepada diri sendiri adalah langkah awal dari suatu perubahan. Dengan jujur pada diri kita sendiri, kita -dan diri kita- akan tahu langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam menghadapi suatu permasalahan."

Misalnya saja kita sulit mengakui pada diri kita sendiri bahwa sesungguhnya kita tidak kuat menghadapi suatu permasalahan. Kita tidak mau dianggap lemah oleh orang lain -dan juga diri kita sendiri. Beban tidak akan hilang dengan cara tersebut. Ia akan menumpuk di dalam batin kita dan dapat saja meledak suatu waktu dengan cara yang tentu tidak kita inginkan.

Pengakuan terhadap diri sendiri adalah hal yang sulit. Kita bisa saja berbohong pada orang lain, namun tidak kepada diri kita. 'Diri kita' selalu memiliki 'telinga' untuk mendengar segala teriakan yang berasal dari dalam hati dan fikiran kita. 'Diri kita' adalah orang yang paling mengenal kita. Ketika kita tidak mau jujur terhadap diri sendiri, akan terjadi perang batin yang hebat antara kita dan hati nurani kita. Hal tersebut akan mengganggu keseimbangan jiwa kita.

"Tidak perlu malu untuk jujur terhadap diri sendiri. Akuilah kekurangan dan kelebihan kita sebagai manusia. Kita bukan malaikat yang tanpa cacat dan tidak ada yang mengharuskan kita menjadi seorang malaikat."


Apabila kita mampu jujur terhadap diri sendiri, maka kita pun akan mampu jujur kepada orang lain. Batin kita menjadi tenang dan merdeka. Tidak ada penyangkalan. Kita mengakui diri kita sebagai individu yang memiliki kekurangan sekaligus kelebihan. Kita tahu solusi apa yang paling tepat dan harus kita lakukan dalam menghadapi suatu permasalahan.

Sudahkah kita jujur kepada diri kita sendiri?


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda mengenai postingan ini, terima kasih :)

Silakan mengisi buku tamu :)